Permainan Anak jaman dulu dan sekarang

Apakah kita menyadari bahwa permainan anak jaman sekarang itu sudah sangat berbeda dengan jaman kita dulu bahkan di era 10 atau 20 th sebelumnya. Coba perhatikan anak-anak kita adakah masih tertarik dengan mainan tradisonal atau mainan-mainan yang dulu pernah kita mainkan.

Mari sejenak kita melihat lihat kebelakang, waktu era th 1800an dan 1900an permainan apa yang booming dan suka dimainkan oleh anak-anak seusia sekolah SD dan SMP waktu itu ?  Ada permainan loncat tali atau loncat karet dimana anak-anak begitu riang gembira melakukan permainan sederhana ini dengan mengandalkan gerak fisik yang dominan tapi sangat seru waktu itu, ada juga permainan petak umpet meskipun sangat sederhana tapi anak-anak begitu antusias mengikuti permainnya, ada juga permainan bola kasti, layangan permainan tokok lele, permainan congklak, permainan halma dan ular tangga, kelereng, dan lain sebagainya.

lompat-tali

Waktu di era itu dengan permainan seperti yang disebutkan tadi yang sungguh sederhana tapi bisa sambil melatih gerak motorik dan kerjasama antara mereka, nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman tertanam sejak dini melalui permainan-permainan tadi. Sungguh luar biasa karena lewat yang sederhana bisa terjalin kasih dan kerjasama dalam interaksi antar mereka.

Mari coba kita melihat anak-anak jaman sekarang yang dihidup di era th 2000an ini adakah adakah mereka masih memainkan permainan diatas ? sangat jarang ya.. mungkin masih ada satu atau dua saja seperti permainan layangan tapi kalau permainan lainnya susah kita temukan. Kalau begitu permainan apa yang anak-jaman sekarang ini mainkan ya ? Apakah anak-anak jaman sekarang ngak suka bermain ? padahal ngak juga ya.

Bila kita coba melihat anak-anak kita permainan apa yang mereka mainkan setiap harinya, hampir semua orang tua pasti menjawab mereka main game di hp benarkan hahaha… Tidak bisa dipungkiri lagi anak-anak jaman sekarang permainannya cendrung individualistis kurang interaksi sosial dan gerak fisik dan motorik, akibatnya apa anak-anak sekarang kondisi fisiknya cenderung lemah dan juga kurang pergaulan sehingga kuper dan lebih egois. Bagi orang dewasa musuh yang hadapi adalah penyakit diabetes sehingga obat diabetes alami yang aman tanpa efek samping harus di minum tetapa bagi anak-anakpun harus dijaga jangan sampai kecil-kecil tapi sudah kena sakit ini.

Mari para orang tua jangan biarkan hal-hal negatif ini menimpa generasi penerus kita. Batasilah anak-anak dalam main game di hp dan kembangkanlah sikap kebersamaan dalam kerja sama kelompok dan berikan waktu mereka untuk saling berinteraksi.

Mari jaga generasi Muda kita. 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s